Prospek kerja teknik elektro

320 x 100
Prospek kerja teknik elektro
Pengertian Teknik elektro
Teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati di universitas. Hal ini karena prospek kerja yang cukup luas bagi lulusan teknik ini. Teknik elektro ialah jurusan yang mempelajari tentang teknologi perancangan suatu sistem maupun subsistem dengan piranti elektronik yang nantinya akan bermanfaat bagi manusia karena akan memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan.

Umumnya, saat di universitas, teknik elektro akan dibagi menjadi 5 subjurusan yaitu :
1. Teknik listrik
Teknik listrik adalah jurusan yang mempelajari tentang energi listrik atau sumber energi yang bisa diubah menjadi listrik. Dalam jurusan ini, maka akan mempelajari tentang power, transmisi dan juga distribusi.
Lulusan teknik listrik ini biasanya akan bekerja di Indo Power, Pembangkit Listrik Negara (PLN), dan juga berbagai perusahaan swasta lainnya

2. Teknik kontrol
Teknik kontrol adalah jurusan yang mempelajari tentang sistem kendali dengan menggunakan instrumen elektrik dalam sistem kerjanya. Dalam jurusan ini, makaakan mempelajari sensor, sistem yang terpendam yang dapat bekerja secara real time (embedded system), robotik, dan juga penggerak atau aktuator. Lulusan teknik kontrol akan bekerja di Chevron, exxon, Pertamina, PLN.
Prospek kerja teknik elektro
Prospek kerja teknik elektro

3. Teknik komputer
teknik komputer adalah jurusan yang mempelajari tentang sistem komputer, perangkat komputer, dan juga pemrograman komputer. Umumnya, lulusan teknik komputer akan bekerja di perusahaan yang berbasis software maupun hardware.

4. Teknik telekomunikasi
teknik telekomunikasi adalah jurusan yang mempelajari tentang transmisi telekomunikasi, pengolah sinyal, dan juga jaringan telekomunikasi. Umumnya lulusan teknik telekomunikasi akan bekerja di perusahaan yang berbasis telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, atau bahkan kominfo.

5. Teknik elektronika
teknik elektronika adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu elektronika digital seperti desain IC digital dan bahasa pemrograman seperti VHDL. Kemudian akan mempelajari tentang elektronika analog seperti komponen elektronika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti resistor, kapasitor dan transistor. Lalu memepelajari biomedis yaitu mempelajari teknik instrumen elektronika pada bidang medis/ kesehatan manusia seperti EKG.

Subjurusan ini bisa saja berbeda setiap universitas, mungkin saja di Universitas tersebut hanya ada 2 subjurusan, atau juga hanya 3, jadi cermatilah dulu sebelum memilih suatu kampus.

Prospek Kerja Teknik Elektro
Prospek kerja teknik bisa dibilang cukup luas karena biasanya lulusan teknik elektro akan bekerja di berbagai bidang industri yang biasanya masih ada hubungannya dengan listrik. Lulusan teknik elektro akan bekerja di PLN, Indonesia Power, PJB, Pertamina, Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Perminyakan, bidang insutri yang memerlukan kontrol atau kendali, dan juga perusahaan yang berbasis pada mesin-mesin-mesin listrik dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin masuk kedalam jurusan ini,maka sebaiknya anda belajar dengan tekun materi pelajaran Matematika dan juga Fisika anda, karena jika anda kurang menguasainya, maka anda akan susah masuk kedalam jurusan ini.

Daftar Universitas yang memiliki jurusan Teknik Elektro
1.      Inst. Teknologi Bandung (ITB)
2.      Inst. Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
3.      Univ. Diponegoro (UNDIP)
4.      Univ. Gadjah Mada (UGM)
6.      Univ. Andalas(UNAND)
7.      Univ. Brawijaya
5.      Univ. Indonesia (UI)
8.      Univ. Hasanuddin (UNHAS)
10.    Univ. Lampung (UNILA)
9.      Univ. Jend. Soedirman (UNSOED)
11.   Univ. Malikussaleh
12.   Univ. Mataram (UNRAM)
15.   Univ. Sultan Ageng Tirtayasa Serang
13.   Univ. Sam Ratulangi
14.   Univ. Sriwijaya (UNSRI)
16.   Univ. Sumatera Utara (USU)
17.   Univ. Syiah Kuala
19.   Univ. Udayana (UNUD)
18.   Univ. Tanjungpura (UNTAN)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tanpa verifikasi kata